
Selain kualitasnya, impresi pertama konsumen terhadap suatu produk adalah dari kemasannya. Bila kemasan produk unik dan berbeda, maka konsumen akan lebih mudah tertarik untuk membeli. Itulah mengapa, personalisasi kemasan menjadi faktor yang patut dipertimbangkan oleh Anda yang menjual produk tertentu.
Khususnya bagi Anda yang memilih kemasan berbentuk botol plastik karena sifatnya yang tahan lama, penting untuk menyesuaikan desain botol dengan daya jual yang produk serta brand Anda miliki.
Untuk mewujudkan kemasan botol plastik yang personal, salah satu metode yang bisa Anda andalkan adalah printing, karena hasilnya membuat value kemasan terkesan mahal sebab bersih, rapi, tahan lama, serta ekonomis biaya produksinya. Jadi, sebelum menuju ke langkah desain botol plastik dengan metode printing, mari ketahui alasan kemasan butuh dipersonalisasi!
Personalisasi Kemasan: Mengapa Ini Penting?
Kemasan menjadi salah satu faktor utama yang menentukan apakah konsumen akan membeli produk Anda atau tidak. Mengingat kemasan adalah hal pertama yang konsumen lihat sebelum isi produknya, penting bagi Anda untuk memperhatikan bagaimana mempresentasikan produk kepada konsumen.
Lebih lengkapnya, berikut merupakan empat alasan mengapa Anda perlu mengutamakan personalisasi kemasan:
Mengkomunikasikan Merek
Pada kemasan, Anda dapat mencantumkan informasi seperti kelebihan produk yang membuatnya berbeda dari produk sejenis di kategori yang sama. Maka dari itu, Anda dapat menggunakan font, warna, ukuran, hingga bentuk desain yang menonjolkan kelebihan tersebut.
Cara itu menjadi jalan komunikasi antara merek dengan target pasarnya. Selain itu, dengan desain yang khas, konsumen jadi bisa membedakan merek produk Anda dengan produk lainnya. Itulah mengapa, penting untuk personalisasi kemasan agar identitas merek Anda berkesan dan diingat oleh konsumen.
Memenuhi Ekspektasi Konsumen
Kemudian, desain kemasan yang dipersonalisasi jadi jaminan kualitas serta keamanan isi produknya. Anda sebagai pebisnis perlu memperhatikan faktor ini, sehingga konsumen pun terpenuhi ekspektasinya dan puas dengan produk Anda.
Tidak hanya itu, kemasan yang memenuhi standar kualitas personalisasi pun menjadi pelindung isi produk yang memadai. Mulai dari proses pengiriman hingga produk sampai ke tangan konsumen, isi produk akan selalu terjaga kualitasnya sehingga berhasil menjaga ekspektasi konsumen.
Membedakan dari Pesaing
Selain produk yang belum pernah dijual di pasaran sebelumnya, produk Anda kemungkinan besar bukan yang pertama dan satu-satunya dalam suatu kategori.
Itulah mengapa, mendesain kemasan semenarik mungkin sesuai konsep dan identitas merek akan menjadi ciri khas produk yang membedakannya dari pesaing. Bila produk dikemas seadanya tanpa desain yang khas, produk pun tidak memiliki daya tarik yang spesial di mata pelanggan terlepas dari kualitas produknya.
Jadi, personalisasikan kemasan dengan menunjukkan konsep berbeda yang inovatif untuk menarik konsumen membeli produk Anda.
Menggugah Perasaan
Anda bisa menarik konsumen dengan menggugah perasaannya melalui kemasan yang menciptakan reaksi emosional. Ini akan tertarget pada kelompok tertentu, mengingat tidak semua orang memiliki minat yang sama.
Contoh cara menggugah perasaan konsumen adalah melalui custom desain kemasan seperti penggunaan warna serba merah muda hingga penggunaan ikon beruang pada kemasan. Jadi, yang menyukai beruang serta warna merah muda, notabene konsumen perempuan, akan menunjukkan minatnya terhadap produk tersebut.
Baca Juga: 8 Hal yang Wajib Ada pada Label Kemasan
Langkah-Langkah Print Botol Plastik yang Personal
Kemasan botol plastik yang menggunakan metode print untuk personalisasi kemasan banyak dipilih oleh berbagai perusahaan macam-macam kategori produk. Namun, perlu teknik khusus dan didukung dengan keahlian serta peralatan printing yang memadai agar menghasilkan kemasan botol plastik berkualitas.
Mari terapkan lima langkah membuat kemasan botol plastik personal dengan metode print di bawah ini:
Identifikasi Tujuan
Langkah pertama adalah mengidentifikasi apa tujuan dari kemasan tersebut. Contohnya, mulai dari produk apa yang dikemas, ukuran atau banyaknya isi produk per kemasan, hingga asal bahan pembuatan produk.
Sebagai contoh, bila banyak produk per kemasan cukup besar, maka botol plastik yang dibutuhkan juga harus yang mampu menampung isi produk dengan leluasa.
Dengan begitu, print kemasan botol pun dapat mencantumkan informasi kuantitas produk dengan tepat dan sesuai jumlah produk yang terkandung di dalamnya.
Lalu, identifikasi apakah produk ditujukan untuk perempuan, laki-laki, atau keduanya, serta apakah rentang usia produk bisa untuk segala kalangan?
Bila produk ditujukan untuk rentang usia dewasa termasuk lansia, maka print kemasan pun perlu menggunakan tulisan yang minim namun besar dan jelas.
Mengetahui tujuan-tujuan tersebut akan membuat personalisasi print jadi lebih efisien dan efektif sebab tepat sasaran.
Desain Kemasan
Setelah mengetahui dan mengidentifikasi tujuan brand terhadap produk tersebut, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk tahap desain kemasan. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui apa warna, font, serta logo produk yang ingin digunakan dalam desain.
Selain itu, terdapat pula sederet informasi yang perlu Anda cantumkan. Mulai dari informasi produk, foto produk, informasi formal seperti barcode hingga kandungan nutrisi, serta kode batch produk hingga tanggal kedaluwarsanya.
Desain juga sangat dipengaruhi oleh alokasi anggarannya, maka dari itu Anda pun perlu menyiapkan budget khusus untuk desain kemasan. Lalu, lakukan riset terlebih dahulu terhadap desain yang ingin digunakan sehingga tidak lekang oleh waktu dan tetap relevan.
Pilih Metode dan Mesin Cetak yang Tepat
Terdapat berbagai metode printing yang bisa digunakan untuk print pada kemasan plastik. Mulai dari digital inkjet printing, screen printing, flexo printing, lalu ada UV litho printing, kemudian pad printing, laser printing, hingga hot stamping.
Variasi metode print yang beragam tersebut tentu menggunakan mesin cetak yang berbeda pula cara kerja dan modelnya. Oleh sebab itu, riset dan cari tahu terlebih dahulu metode printing mana yang dirasa paling sesuai dengan preferensi Anda untuk membuat cetakan pada botol plastik.
Sebagai contoh, terdapat metode digital inkjet yang berteknologi modern sehingga bisa mencetak gambar berkualitas tinggi pada permukaan botol plastik.
Anda perlu memiliki file digital yang berisi gambar atau teks untuk desain kemasan, lalu printer tersebut akan memprosesnya menggunakan nozzle inkjet agar tinta dapat masuk ke substrat atau permukaan plastik.
Berbeda pula caranya untuk metode printing lain, jadi lakukan riset dan trial terlebih dahulu agar menemukan yang paling tepat.
Kualitas Bahan dan Tinta
Untuk plastik, tersedia bahan dari PVC atau polyvinyl chloride, lalu ada polycarbonate, hingga bahan PETG atau versi glycol-modified dari bahan PET, yaitu polyethylene terephthalate. Bagi Anda yang produknya berupa minuman, maka botol plastik PETG adalah pilihan yang tepat.
Adapun jenis tinta pada printing botol pun bermacam-macam, mulai dari water-based, lalu oil-based, hingga tinta food-grade yang cocok untuk kemasan botol plastik dengan produk berupa makanan atau minuman di dalamnya. Jadi, pilihlah bahan botol dan tinta yang sesuai dengan produknya agar lebih efisien!
Uji dan Evaluasi
Sebelum produk dijual ke pasaran, tentu Anda harus melakukan pengujian terlebih dahulu terhadap kemasan dalam berbagai kondisi lingkungan. Bila terdapat masalah dan kemasan belum memenuhi standar, maka evaluasi pun dilakukan demi mendapatkan hasil terbaik.
Perlu diketahui bahwa dibutuhkan durasi waktu tertentu hingga akhirnya uji kemasan produk lolos evaluasi dan memenuhi standar kelayakan untuk didistribusikan ke pasaran.
Baca Juga: Cara Membuat Skincare untuk Dijual
Dampak pada Penjualan
Kemasan botol plastik yang dilengkapi dengan printing akan memberikan dampak signifikan pada penjualan produk Anda. Sebab, selain potensial untuk menarik target konsumen, produk pun juga bisa menarik konsumen yang bukan merupakan target pasar Anda.
Sesederhana karena Anda menaruh perhatian lebih pada kemasan produknya. Botol plastik yang sebelumnya sederhana, biasa, dan monoton, kini memiliki nilai yang lebih tinggi karena terkesan rapi, unik, menarik, dan bisa pula memberi kesan mewah dengan desain sedemikian rupa.
Botol plastik dengan desain yang mencantumkan informasi esensial demi mengenalkan produk pun lebih efisien karena bisa sekaligus berperan sebagai media promosi dalam waktu yang tidak terbatas, selama produk masih beredar di pasaran.
Terlebih apabila desain kemasan produk Anda bersifat timeless dan tidak mengandalkan tren, sehingga tetap relevan digunakan pada berbagai masa.
Demikian pentingnya printing botol plastik yang personal demi meningkatkan penjualan produk. Guna menjamin kualitas printing, Anda bisa mengandalkan Continuous Inkjet Printer DSI yang berteknologi modern sehingga efisien dalam mencetak kode batch produk Anda.
Lihat daftar lengkap Linx Continuous Inkjet Printer di sini!
Referensi:
https://europlas.com.vn/en-US/blog-1/how-to-print-on-plastic-7-common-methods-you-should-know
https://fruitylogic.com/blog/proses-desain-kemasan/
https://gobiz.co.id/pusat-pengetahuan/fungsi-kemasan-produk/
https://www.sap-express.id/blog/pentingnya-desain-kemasan-produk/
https://hansel.id/edukasi/jenis-tinta-offset-printer-untuk-box-kemasan/
https://www.warungbotol.com/blog/trend-printing-gambar-pada-kemasan-botol-pet
Comments (0)
Leave a reply
You must be logged in to post a comment.